Monday, June 2, 2014

Tips Mengatasi Vertigo

tips mengatasi vertigo

Aktivitas bisa tersendat jika seseorang terserang sakit kepala. Apalagi jika didera vertigo alias sakit kepala berputar. Jika tak ingin vertigo terus berlanjut, beberapa tips mengatasi vertigo ini patut dipertimbangkan.

Vertigo adalah pusing berputar yang disebabkan oleh gangguan pada otak atau pada alat keseimbangan di telinga. Tak jarang, serangan vertigo juga disertai dengan rasa mual atau muntah-muntah.

Langkah utama yang harus dilakukan untuk mengenyahkan vertigo ialah dengan mencari sumber penyebabnya. Sebab penyebab vertigo bukan merupakan faktor tunggal dan penanganan untuk masing-masing kasus berbeda. Vertigo bisa disebabkan karena radang pada saraf keseimbangan, gejala stroke, tumor otak, faktor genetik, atau penyakit miniere.

"Vertigo itu merupakan suatu gejala, jadi penyebabnya harus dicari. Kalau ternyata karena ada penyakit lain, ya, harus diobati," papar dr Diatri, Kepala Departemen Neurologi di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Langkah lain dipaparkan oleh dr Agus Subagio, dokter spesialis THT di Rumah Sakit Puri Indah dan Rumah Sakit Pondok Indah. Menurutnya, cara yang dapat dilakukan untuk mencegah serangan vertigo ialah dengan menghindari pemicu sakit kepala. Misalnya menghindari alkohol dan coklat pada penderita vertigo yang disebabkan oleh meniere.

Pada kasus vertigo yang disebabkan oleh gejala stroke, gaya hidup yang tidak sehat harus diubah. Penderita harus melakukan banyak olahraga agar peredaran darah lancar dan tubuh lebih bugar.

Menurut dokter spesialis THT itu, faktor kelelahan dan usia yang semakin lanjut juga bisa menjadi penyebab timbulnya serangan vertigo. Usia yang semakin lanjut membuat seseorang menjadi mudah lelah, mengalami gangguan mata, mengalami sensasi kaku pada kaki hingga keseimbangan pun berkurang.

Kabar baiknya, vertigo bisa dijauhkan dengan melakukan pelatihan otak, latihan habituasi, atau latihan vestibular. Latihan otak dapat dilakukan dengan menggerakkan anggota badan dengan arah saling berlawanan.

"Latihan untuk orang-orang vertigo adalah brain excersice. Seperti saat bangun tidur kepala miring ke kanan, badan jatuh ke kiri. Begitu juga sebaliknya, kepala miring ke kiri, badan jatuh ke kanan. Lakukan secara berulang-ulang," jelas dr Agus ketika diwawancarai detikHealth dan ditulis pada Rabu (5/3/2014).

Suplemen pendukung untuk mengatasi vertigo :

No comments:

Post a Comment