Tuesday, June 3, 2014

Kesaksian Nutrisi Kecerdasan Anak

Di artikel kali ini kami akan memberikan beberapa kesaksian nutrisi kecerdasan anak ,

Kecerdasan ditentukan oleh stimulus (rangsangan) non fisik seperti pendidikan formal, pengalaman keseharian, latihan praktis, lingkungan sosial, dsb. Juga ditentukan oleh rangsangan fisik, seperti nutrisi dan gizi untuk otak, suplai oksigen dari darah, dsb. Semua saling berkaitan dalam mempengaruhi tingkat kecerdasan. Penting dicatat, otak tumbuh secara luar biasa pada masa anak-anak. Menuruk dr. Hartono Gunadi, Sp.A, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, sampai dengan bayi usia 2 tahun, pertumbuhan dan perkembangan otak anak telah mencapai 90%. Di abad 21 ini, persaingan tingkat kecerdasan anak bukan dimulai dari dunia kampus, SMA, SMP, SD atau TK, tapi dimulai sejak dalam kandungan ibu. Untuk mendapatkan anak yang sehat dan cerdas, sang ibu yang mengandung juga harus sehat dan cerdas dalam menentukan asupan nutrisi terbaik bagi dirinya dan janin.
Jutaan anak juga mengalami masalah nafsu makan akibat suka "ngemil" jajanan yang rasanya enak (akibat penguat rasa) yang bisa dibeli kapan saja dan di mana saja, tubuh mereka menjadi kurus dan masa depan mereka terancam akibat kekurangan gizi, bukan karena ketidakmampuan orang tua menyediakan makanan bergizi, tapi karena menurunnya nafsu makan.

DARI RANKING TERAKHIR MENJADI RANKING 7
kesaksian nutrisi anak
Anak saya paling tulalit dan lambat loading dikelasnya (kelas 3 SD umur 9 tahun), begitu gurunya mengeluhkan kepada saya saat pengambilan raport. Perasaan saya malu waktu itu pada ibu-ibu yang lain. Setelah pulang ke rumah saya teringat akan ketua pengajian ibu-ibu  kami yang pernah menawarkan produk kecerdasan untuk anak-anak, tapi saya mengacuhkannya saat itu.
Keesokan harinya saya datang ke rumahnya dengan keinginan kuat dan sedikit tidak enak karena pernah mengacuhkannya., tapi alhamdulillah beliau sangat ramah dan welas asih, Saat itu pun saya ceritakan semua dan beliau langsung respon serta membuka etalase di kiosnya dan mengambil beberapa produk antara lain Kalsium Anak dan Zinc. Sontak dalam 1 minggu saja saya dapat melihat perubahan posititf yang anak saya alami, bukan hanya makin akftif dan rajin belajar tapi lebih cepat mengerti dengan yang ia temui dan dapatkan. Syukurlah dalam catur wulan kemarin anak saya dapat ranking ke-7 dari 43 siswa yang sebelumnya dia hanya dapat ranking 1 dari belakang. Yess !
Sulis, Gandasari, Gorontalo



DULU PALING BODOH DI KELAS, SEKARANG JUARA 4
Anak saya dari kelas 1 sampai kelas 2 hanya bisa berhitung angka 1-10. Sampai kelas 3, tidak hafal huruf
kesaksian nutrisi anak
aksara. Sebagai orang tua, saya malu setiap penyerahan raport, anak saya selalau ranking 24 dari 24 siswa. Pada hal dia tidak pernah bolos.
Setelah diperkenalkan produk Tianshi, saya coba beri Kalsium 3 dan Zinc sebelum semester kenaikan, saya yakin anak saya pasti tidak naik kelas.
Singkat cerita tibalah saat penerimaan raport, Saya sengaja datangke sekolah paling akhir, agar saya nanti duduknya dibelakang, setelah guru kelas mengumumkan juara 1,2 dan 3, dan tanpa saya duga saat guru kelas mengumumkan juara 4, ternyata yang disebut nama anak saya. Saat itu hati saya sangat bahagia, bagi saya ranking 4 itu adalah keajaiban, Subhanallah....
Ibu Sri, Gorontalo 0852.5673.8766




Tanya:
Dokter, puteri saya, Anis (6 tahun), susah sekali makan. Walau diberi lauk-pauk yang enak, dia tetap tidak mau makan. Paling dia hanya mau mencicipinya sedikit. Itu pun setelah dibujuk. Anis lebih banyak “ngemil” snack dan makan jajanan sekolah. Sedari kecil Anis memang suka dengan makanan-makanan gurih yang sering diiklankan di televisi dan saya cukup sering membelikannya. Sekarang ini tubuh Anis kurus. Saya khawatir puteri saya ini kekurangan gizi. Saya pernah memberinya suplemen penambah nafsu makan, tapi tidak terlihat perubahan yang berarti. Apa yang bisa saya lakukan agar Anis mau makan? Produk TIENS apa yang cocok untuk Anis?
Mawarwati, Jakarta


Jawab: Dr. Louisa A. Langi, M.Si
Saya turut prihatin dengan masalah yang Ibu Mawarwati hadapi.
Persoalan susah makan, memang banyak menghinggapi anak-anak seusia Anis. Saya melihat ada kecenderungan Anis mengalami pola makan yang salah sedari kecil. Dia sering (atau mungkin terlalu sering) mengonsumsi jajanan-jajanan yang diiklankan di televisi.
Banyak orang tua menuruti keinginan anak tanpa menyadari bahwa yang mereka berikan itu sebetulnya tidak baik bagi kesehatan maupun tumbuh kembang anak. Makanan-makanan tersebut memang enak dan gurih di lidah, namun bisa bermasalah bila terus menerus diberikan, apalagi dalam jumlah banyak. Coba Ibu perhatikan ingredient atau komposisi bahan makanan yang tertera pada kemasan produk yang sering dikonsumsi Anis. Hampir bisa dipastikan di sana tertera kata-kata “monosodium glutamat”. Ini adalah penguat rasa yang populer dengan sebutan MSG. Nah, MSG inilah yang memberikan rasa enak dan gurih pada makanan. Anak menjadi terbiasa dengan rasa enak dari MSG ini. Maka, ketika kemudian hari dia diberi makanan tanpa MSG, anak langsung tidak menyukainya karena bagi si anak makanan tersebut kurang enak di lidahnya.
Hal yang dapat Ibu lakukan sekarang adalah, sedapat mungkin mengurangi pemberian makanan-makanan yang mengandung MSG. Berikan anak makanan yang bervariasi dengan sajian yang menarik, dan tanyalah apa yang menjadi kesukaannya. Buatkan makanan sesuai dengan yang dia minta. Jangan pula terlalu kaku. Jika anak menolak nasi, Ibu dapat menggantinya dengan kentang, roti, atau sumber karbohidrat lain untuk memasok energi bagi tubuhnya. Saya sangat menyarankan Ibu untuk memberi Anis suplemen dari
TIENS, yaitu Calcium Powder For Children (Kalsium 3) dan Zinc Capsules. Kalsium dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak. Sementara Zinc berfungsi memperbaiki metabolisme tubuh dan mengaktifkan enzim-enzim di dalam tubuh, termasuk enzim yang membangkitkan indera pengecap rasa, sehingga nafsu makan anak muncul kembali. Untuk hasil terbaik, berikan Kalsium 3 dan Zinc ini secara rutin minimal dua bulan berturut-turut. Untuk takaran pemberiannya, sesuaikan dengan dosis yang tertera pada kemasan makanan.
Sayangnya, Ibu tidak menjelaskan berapa tinggi dan berat Anis, sehingga saya tidak dapat membayangkan postur tubuh putri Ibu dan mengetahui seberapa kurus tubuhnya. Saya sering menangani anak-anak yang mengalami kurang gizi. Mereka juga saya terapi dengan suplemen Calcium 3 dan Zinc dari TIENS. Hasilnya sangat mengembirakan. Berat badan mereka bertambah dan nafsu makan mereka pun membaik. Semoga Anis mengalami hal yang sama. Selamat mencoba, Ibu.

Pertanyaan:
Dr. Louisa, saya memiliki putra usia 10 tahun. Beberapa bulan belakangan ini, putra saya menderita wasir. Ia sering kesulitan dan merasa sakit saat buang air besar. Tadinya saya sempat tidak percaya bahwa anak-anak juga bisa terkena wasir. Saya sudah membawanya ke dokter, namun tidak banyak perubahan. Selain itu, putra saya ini juga punya masalah dengan nafsu makan. Ia malas makan dan cenderung memilih-milih makanan. Ia lebih suka makanan-makanan kecil yang gurih dari pada makan nasi dan lauk pauknya. Padahal, kegiatan sehari-harinyanya banyak dan dia termasuk anak yang aktif. Rasanya makanan yang dikonsumsinya tidak sebanding dengan aktivitasnya. Apa yang harus saya lakukan untuk menyembuhkan wasir pada anak saya dan meningkatkan nafsu makannya agar badannya lebih berisi? Terima kasih.
Anita Sundari, Jakarta

Jawab:
Wasir atau ambein (hemorrhoid) merupakan penyakit pembengkakan pembuluh darah balik(vena) pada dubur atau anus. Kadangpembengkakan ini teraba seperti benjolan atau bola kecil. Pembuluh darah dan jaringan sekitar dubur berfungsi sebagai bantalan untuk membantu otot-otot anus menahan tinja. Apabila bantalan ini terganggu, otomatis buang air besar (BAB) menjadi tidak lancar.
Wasir umumnya terjadi pada orang dewasa dalam masa usia produktif, antara 18-55 tahun. Walau jarang, wasir atau ambeien atau hemorrhoid bisa pula diderita oleh anak-anak. Wasir terjadi karena banyak sebab.
Pada anak-anak, penyebab utamanya adalah sembelit. Dan sembelit ini sering kali berpangkal pada dehidrasi. Anak-anak, saking sibuknya bermain terkadang lupa minum. Inilah yang memicu terjadinya dehidrasi yang kemudian menyebabkan anak mengalami sembelit. Masalah nafsu makan yang dialami putera ibu perlu ditangani secara lebih ekstra. Ibu perlu lebih kreatif lagi dalam memasak dan menyajikan makanan untuk anak. Coba cari bahan makanan yang disukainya, dari situ bisa dibuat berbagai macam kreasi makanan yang menggugah seleranya.
Untuk mengatasi masalah wasir dan malas makan, saya sarankan agar putra Ibu mengonsumsi dua Produk TIENS berikut:
1. Calcium Powder For Children (Kalsium 3)
2. Zinc Capsules
Saya pernah menangani pasien dengan problem yang mirip dengan problem yang dialami oleh putra Bu Anita. Kombinasi dua produk ini berhasil meredakan wasir dan meningkatkan nafsu makan. Untuk hasil terbaik, berikan Kalsium 3 dan Zinc ini secara rutin minimal dua bulan berturut-turut. Sesuaikan takarannya dengan dosis yang tertera pada kemasan produk. Satu lagi saran saya, ingatkan putra ibu untuk sering minum air putih kendati belum merasa haus. Dan bekali ia dengan air minum dalam botol setiap bepergian agar tidak ada alasan baginya untuk tidak minum.


Link terkait tentang produk nutrisi kecerdasan anak :

1 comment:

  1. Sangat bermanfaat, minyak ikan pun sebenarnya bisa jadi nutrisi kecerdasan anak loh

    ReplyDelete