Tuesday, October 28, 2014

6 Makanan Berlemak Yang Menyehatkan

Bagi orang-orang yang terobsesi gaya hidup sehat, seringkali lemak terdengar seperti monster yang menakutkan. Saking jahatnya, seolah-olah lemak harus dihindari sama sekali. Kenyataannya, tidak semua lemak itu jahat.

Ada beberapa jenis makanan berlemak yang justru dianjurkan karena baik untuk kesehatan. Kandungan lemaknya adalah lemak baik, yang selama tidak dikonsumsi berlebihan justru bermanfaat untuk mengendalikan lemak jahat.

Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (28/10/2014), berikut ini beberapa makanan berlemak yang baik untuk kesehatan:

1. Avokad
Setengah potong avokad mengandung hampir 15 gram lemak, sebagian besar di antaranya merupakan lemak tak jenuh. Jenis lemak ini baik untuk dikonsumsi karena berguna dalam pembentukan kolesterol baik di dalam tubuh.





2. Kacang Almond
Di antara kacang-kacangan yang lain, kacang almond paling banyak mengandung lemak baik. Dalam 23 butir kacang almond utuh, terkandung lebih dari 14 gram lemak, terdiri dari 9 gram lemak tak jenuh tunggal dan 3,5 gram lemak tak jenuh jamak. Dan pastinya, rendah kalori.


3. Salmon
Beberapa jenis ikan banyak mengandung lemak, termasih di antaranya tuna, makarel, sardin, dan tentunya salmon. Salmon liar paling baik, mengandung 5-9 gram lemak dalam setiap potongan fillet 85 gram. Kandungan lemak tak jenuh tunggal mencapai 2 gram dan lemak tak jenuh jamak 4 gram.


4. Zaitun
Mencampurkan 10 biji buah zaitun ke dalam campuran salad akan memberikan tambahan 5 gram lemak, 3,5 gram di antaranya lemak tak jenuh tunggal dan 0,4 gram lemak tak jenuh jamak. Sedangkan minyaknya, tiap satu sendok makan mengandung 13 gram lemak. Hampir 10 gram di antaranya tak jenuh tunggal, dan 1,5 gram tak jenuh jamak.

 
5. Biji rami
Satu sendok tek biji rami mengandung lebih dari 4 gram lemak, termasuk 1 gram lemak tak jenuh tunggal dan 3 gram lemak tak jenuh jamak. Biji rami juga mengandung antioksidan ayng disebut lignan, 75-800 kali lebih banyak dibanding tanaman lain.


6. Telur
Sebutir telur berukuran besar mengandung 5 gram lemak, termasuk 2 gram lemak tak jenuh tunggal dan 1 lemak tak jenuh jamak. Namun demikian, beberapa pakar merekomendasikan untuk mengonsumsi telur ayam tidak lebih dari 2 butir per hari.


Semoga bermanfaat.... Sumber : detikhealth


No comments:

Post a Comment