Wednesday, June 11, 2014

Konsultasi Dokter 01

Kurang Istirahat Usai Melahirkan

Yurnita Annas, Jakarta
Pertanyaan :
Dok, saya berusia 32 tahun. Dua bulan lalu saya melahirkan anak pertama melalui operasi sesar. Selama dua bulan ini saya kurang tidur karena bayi sering terbangun di malam hari. Badan rasanya tidak fit dan mudah stres, apalagi nyeri bekas operasi masih terasa. Bagaimana caranya agar tubuh saya kembali fit? Produk TIENS apa yang cocok untuk kondisi saya ini?
Jawab :
Kurang tidur di malam hari bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Tidur di malam hari tidak bisa diganti dengan tidur siang. Usahakan untuk bisa istirahat (tidur) di malam hari minimal 5-6 jam. Anda dapat bergantian dengan suami untuk menjaga sang bayi. Wanita yang habis melahirkan perlu mengkonsumsi makanan bergizi terutama yang mengandung protein tinggi dan vitamin. Untuk itu, Anda perlu mengkonsumsi:
1. Calcium1 (Nutrient High Calcium Powder)
2. Vitality Capsules
3. Spirulina Capsules
4. Zinc Capsules
Untuk dosisnya, gunakan sesuai dengan petunjuk pada kemasan produk.

Pingsan Saat Datang Bulan,

Meilin Eka Putri, Jakarta
Pertanyaan :
Dok, saya seorang mahasiswi berusia 20 tahun. Setiap kali datang bulan tubuh saya terasa lemas, bahkan saya sering mendadak pingsan. Apakah ini wajar? Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya karena cukup mengganggu. Saya pernah pingsan di halte bis. Untung ada yang membantu.
Jawab
:
Menurut saya, apa yang Anda alami tidak wajar. Lemas dan pingsan saat datang bulan bisa disebabkan oleh anemia. Ini terjadi karena saat menstruasi darah keluar dalam jumlah berlebihan, akibatnya suplai oksigen ke otak tidak cukup sehingga bisa menyebabkan pingsan.
Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui diagnose pasti penyakit Anda. Lakukan juga cek darah di laboratorium dan periksa tekanan darah. Karena tekanan darah yang terlalu rendah juga menyebabkan gampang pingsan.
Untuk mengatasi kondisi anemia, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat, yaitu mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, kaya protein, kaya vitamin, mineral, dan zat besi (Fe). Jangan lupa olah raga secara teratur untuk melancarkan aliran darah dan beristirahatlah dengan cukup.
Produk TIENS yang perlu Anda konsumsi adalah:
1. Calcium 1 (Nutrient High Calcium Powder), dosisnya 1 x 1 bungkus per hari, diseduh dengan air hangat dan diminum pada malam hari pada saat perut kosong menjelang tidur malam.
2. Spirulina Capsules, diminum bersama dengan air hangat dengan dosis 3 x 4-6 kapsul per hari.
3. Zinc Capsules, dosisnya 2 x 2 kapsul per hari.
4. Renuves Capsules, dosisnya 3 x2 kapsul per hari.
5. Bisa juga ditambah dengan Vitaline Capsules dengan dosis 1 x 1 kapsul per hari.

Cepat Lelah dan Sulit Berkonsentrasi Karena Anemia

Narnia Siahaan, Jakarta :
Dokter, saya berusia 35 tahun bekerja pada sebuah perusahaan swasta di Jakarta.
Belakangan ini saya sering mengantuk dan sulit berkonsenstrasi ketika bekerja. Saya juga mudah lelah. Teman-teman mengatakan mungkin saya kurang darah. Apakah yang dimaksud dengan kurang darah ini dan apa penyebabnya? Berbahayakah bagi kesehatan? Bagaimana mengatasinya? Dok tolong kasih tahu Produk TIENS apa yang sebaiknya saya minum?

Dr.Johansa :
Kurang darah itu sama dengan anemia, orang awam menyebutnya demikian. Anemia adalah kekurangan hemoglobin (Hb). Hb adalah protein dalam sel darah merah, yang bertugas mengantarkan oksigen dari paru ke seluruh bagian tubuh yang lain. Kadar Hb yang normal adalah sedikitnya 12 untuk perempuan dan 14 untuk laki-laki, kalau Hb di bawah 6,5 menunjukkan anemia yang berat.
Anemia menyebabkan pasokan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh terganggu sehingga tidak mencukupi kebutuhan. Kondisi inilah yang menimbulkan gejala seperti kelelahan, kelemahan, lesu, pusing, sesak nafas, kurang tenaga dan kepala terasa melayang.
Jika anemia bertambah berat, bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Anemia disebabkan oleh banyak hal, antara lain:
- Pembentukan sel darah merah yang terganggu. Sel darah merah diproduksi oleh sum-sum tulang dan proses pembentukannya membutuhkan zat besi, vitamin B12, asam folat dan Eritropoietin (EPO) yang bertugas untuk merangsang pembuatan sel darah merah berupa hormon dan diproduksi oleh ginjal. Kalau salah satu dari unsur ini kurang, tentunya akan mempengaruhi pembentukan sel darah merah yang berakibat terjadinya anemia.
- Akibat adanya kerusakan pada sum-sum tulang dan gangguan ginjal.
- Akibat terjadi perdarahan, ini bisa diakibatkan oleh luka, penyakit tertentu misalnya tukak lambung yang mengalami perdarahan, penyakit wasir yang mengalami perdarahan, dan darah hadi yang keluar berlebihan juga bisa menyebabkan anemia.
- Akibat terjadi penghancuran sel-sel darah merah (anemia hemolitik) akibat penyakit tertentu misalnya leukemia dan HIV. Anemia jenis ini disebabkan oleh karena pecahnya dinding sel darah merah akibat dari reaksi antigen antibodi, inilah yang mengakibatkan terjadinya anemia jenis ini.
- Faktor genetik, kelainan herediter atau keturunan juga bisa menyebabkan anemia. Kelainan genetik ini terutama terjadi pada umur sel darah merah yang terlampau pendek sehingga sel darah merah yang beredar dalam tubuh akan selalu kekurangan. Anemia jenis ini dikenal dengan nama sickle cell anemia. Gangguan genetik juga bisa menimpa hemoglobin yang mana produksi hemoglobin menjadi sangat rendah. Kelainan ini kita kenal dengan nama thalasemia.
Anemia ini berbahaya kalau dibiarkan, karena akan menyebahkan terjadinya kekurangan oksigen pada jaringan sehingga bisa mengganggu proses metabolisme tubuh. Kalau kekurangan oksigen terjadi di otak bisa menyebabkan kerusakan jaringan otak (mengakibatkan stroke), begitu juga dengan jantung kalau suplai oksigen kurang ke jaringan otot jantung bisa menyebabkan kerusakan jaringan otot jantung (mengakibatkan
serangan jantung).
Kalau Anda curiga diri Anda menderita anemia, sebaiknya lakukan pemeriksaan darah lengkap di laboratorium dan berkonsultasilah dengan dokter untuk memastikan kondisi yang sebenarnya. Dengan mengetahui penyebabnya dapat dilakukan tindakan pengobatan yang tepat.
Produk TIENS yang dapat membantu mengatasi anemia adalah
- High Nutrient Calcium Powder (Calcium 1); dosisnya 1x1 bungkus per hari. Diseduh dengan air hangat dan diminum pada malam hari saat perut kosong menjelang tidur malam.
- Spirulina Capsules; dosisnya 3 x 4-6 kapsul perhari. Diminum dengan air hangat.
- Zinc Capsules; dosisnya 2x2 kapsul per hari.
- Renuves Capsules; dosisnya 3x2 kapsul per hari.
- Bisa pula ditambahkan dengan Vitality Capsules sebanyak 1x1 kapsul per hari.

Ingin Menurunkan Berat Badan

Pujiwati :
Saya seorang wanita berusia 36 tahun. Usai melahirkan anak ketiga, berat badan saya tidak kunjung turun. Dengan tinggi 155 cm, bobot saya 75 kg. Saya sudah berusaha menurunkan berat badan dengan melakukan diet mengurangi makan nasi dan karbohidrat lain, tetapi hasilnya tidak seberapa. Hampir tak ada bedanya dengan sebelum diet, padahal saya badan saya menjadi lemas karena diet itu.
Dok, tolong bantu saya, bagaimana caranya bisa menurunkan berat badan dengan aman dan tubuh tidak sakit atau letih karenanya.

Dr. Robby Maringka :
Menurunkan berat badan mestinya dilakukan dengan cara yang benar, tidak semaunya atau sesukanya. Ada aturan yang mesti dipatuhi dan dituntut pula adanya komitmen yang kuat untuk mewujudkannya. Secara umum produk-produk TIENS memang dapat digunakan untuk terapi penurunan berat badan. Namun saya menyarankan Anda agar terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter ahli yang dapat memandu Anda menjalani program penurunan berat badan secara benar, dimana dokter tersebut akan merancang program khusus yang disesuaikan dengan kondisi fisik Anda.
Berikut ini contoh terapi penurunan berat badan dengan produk TIENS. Ada tiga produk utama yang mesti dikonsumsi setiap hari dalam periode tertentu. Yaitu:
1. Double Cellulose Tablets, sebanyak 3 x 2 tablet per hari.
Diminum sekitar 1 jam sebelum makan dengan segelas air hangat.
Double Cellulose mengandung serat alami, baik serat yang larut maupun yang tidak larut. Serat ini berfungsi mengurangi penyerapan karbohidrat, lemak, dan kolesterol di dalam usus, serta menambah rasa kenyang sehingga mencegah masuknya makanan ke dalam usus secara berlebihan.
2. Chitin Chitosan Capsules, dengan dosis 3 x 2-5 kapsul per hari.
Diminum sekitar ½ jam sesudah makan. Fungsinya adalah untuk merangsang gerakan saluran pencernaan sehingga makanan cepat melewati saluran cerna dan tidak banyak terserap oleh usus halus.
3. Jiang Zhi Tea, sebanyak 3 x3 sachet per hari. Jiang Zhi Tea ini diseduh dengan air hangat dan diminum tanpa ditambahkan gula. Dapat diminum sebagai pengganti cemilan. Fungsinya adalah untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan membantu mengurangi kadar lemak di dalam darah.
Perlu diingat, untuk berhasil menurunkan berat badan Anda diharuskan etap makan seperti biasa tiga kali sehari. Jangan sampai tidak makan atau menghilangkan salah satu frekuensi makan, karena itu bisa membuat badan menjadi lemas dan akhirnya justru mendorong Anda untuk makan dan ngemil lebih banyak yang akhirnya merusak program diet yang sudah dilakukan.

Hidup Di Lingkungan Perokok

Damaryanti :
Dokter Robby, saya ingin curhat mengungkapkan uneg-uneg saya sekaligus berkonsultasi dengan dokter. Saya seorang wanita berusia 31 tahun. Sehari-hari saya bekerja di sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang penerbitan. Di tempat saya bekerja, banyak karyawan yang merokok. Padahal peraturan perusahaan melarang karyawan merokok di dalam ruangan. Tapi peraturan ini sering dilanggar karena bos saya sendiri merokok sambil bekerja. Jadi, anak buahnya pun mengikuti. Di rumah juga begitu. Kakak ipar saya yang tinggal bersama kami adalah seorang perokok. Dia suka merokok di mana saja, semaunya, di ruang makan, di ruang keluarga. Saya sudah minta supaya dia merokok di kamarnya saja agar asap rokoknya tidak berterbangan dalam rumah, tapi dia cuek saja.Saya sendiri tidak tahan dengan asap rokok. Mencium baunya saja, langsung membuat saya tidak nyaman, gerah, pusing, dan mau marah. Tapi apa daya, saya sulit menghindar dari asap rokok ini. Padahal saya tahu asap rokok ini berbahaya bagi kesehatan. Dok, tolong saya. Bagaimana saya bisa melindungi kesehatan saya yang terus-terusan terpapar asap rokok ini? Benarkah walau tidak merokok tapi turut menghirup asap rokok juga berbahaya bagi kesehatan? Sebelumnya terima kasih ya Dok, sudah mau mendengarkan keluhan saya.

Dr. Robby Maringka :
Saya bisa memahami betapa resah dan tidak nyamannya Anda menjalani hari-hari di lingkungan perokok aktif. Saya tidak bermaksud menakut-nakuti Anda, tetapi ingin memberikan informasi yang benar bahwa seorang perokok pasif seperti Anda memang berisiko terkena penyakit yang ditimbulkan oleh rokok, seperti penyakit jantung dan kanker paru-paru. Bahkan kajian-kajian kesehatan menunjukkan perokok pasif, yakni orang yang tidak merokok tetapi kebetulan berada di dekat orang orang sedang merokok dan ikut menghirup asapnya, memiliki risiko sakit yang lebih tinggi dari si perokok aktif. Itu lantaran hanya sekitar 25% zat berbahaya di dalam rokok yang masuk ke dalam tubuh perokok dan itu pun tersaring dengan filter, sementara 75% lainnya terpapar ke udara dan terhirup oleh orang lain tanpa disaring.
Untuk melindungi kesehatan Anda, saya sarankan konsumsilah Renuves Capsules secara rutin setiap hari dengan dosis 2 x2 kapsul perhari. Malah lebih baik lagi bila Anda menjadikannya sebagai suplemen “wajib” karena Renuves Capsules berkhasiat menyehatkan tubuh, termasuk menyehatkan saluran pernafasan. Mengonsumsi Renuves Capsules ini dapat membantu Anda terlindung dari penyakit-penyakit kardiovaskular yang sering terjadi pada perokok, seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan hipertensi. Kemudian, bisa pula tambahkan dengan konsumsi Calcium 1 (Nutrient High Calcium Powder) dengan dosis 1x½ bungkus per hari. Calcium 1 ini dapat membantu mempertahankan sirkulasi darah agar selalu
normal.

No comments:

Post a Comment