Tuesday, April 22, 2014

Gynosaponins Rumput Penyembuh 100 Penyakit

Di masa pemerintahan Dinasti Ming, masyarakat China pernah dilanda wabah penyakit. Waktu itu ditemukan obat yang mujarab mengatasi penyakit tersebut, yaitu sebuah tumbuhan sejenis rotan yang tumbuh di sisi dalam pegunungan Shen Nong Jia bernama Gynostemma Pentaphyllum.
Masyarakat China menyebut herbal ini dengan nama jiao gu lan. Gynostemma pentaphyllum sangat terkenal sebagai tanaman penyembuh.
Popularitasnya merambah sampai ke luar wilayah China. Di Jepang, tanaman ini dikenal sebagai “rumput penyembuh penyakit”. Sedangkan di kawasan Asia Tenggara, terutama Singapura dan Malaysia, dijuluki sebagai “dewi cantik” dan “bintang penyembuh seratus penyakit”.
Masyarakat China sendiri memberinya beberapa julukan di antaranya “ginseng selatan” dan “ginseng pemanjang umur”.
Kehebatan Gynostemma pentaphyllum dalam mengatasi penyakit terletak pada kandungan utamanya berupa senyawa gynosaponins yang terdapat pada bagian batang dan daunnya.
Gynosaponins ini mengandung asam amino dan mikro nutrien yang kaya zat gizi. Pakar herbal menyamakan khasiat gynosaponins dengan senyawa gynsenosida yang terkandung dalam ginseng. Bila dalam ginseng terkandung zat yang dapat membangkitkan vitalitas, maka gynosaponins juga memiliki zat yang berfungsi
demikian. Singkatnya, gynsenosida dan gynosaponins memiliki khasiat yang hampir sama namun memiliki sifat yang berbeda.

Lebih Unggul dari Ginseng

Dalam beberapa hal, gynosaponins lebih unggul dari ginseng. Gynosaponins bersifat dingin, menyejukkan, dan tidak mengeluarkan efek samping panas sebagaimana halnya ginseng, sehingga memberikan sifat pengobatan yang lebih ringan dari ginseng.
Hasil penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa gynosaponins mengandung 84 jenis saponin, sementara ginseng hanya mengandung beberapa belas saponin saja. Saponin (glikosida) merupakan zat berbentuk busa terdapat pada tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan. Nah, dalam gynosaponins ini terdapat pula sekitar
10 macam jenis saponin yang terkandung dalam ginseng. Karenanya, gynosaponins pun disebut sebagai “ginseng kedua”. Memiliki kandungan saponin yang sangat beragam membuat gynosaponins mempunyai nilai
gizi yang tinggi. Berdasarkan catatan sejarah Tiongkok kuno disebutkan bahwa di masa Dinasti Ming Gynostemma pentaphyllum dengan kandungan gynosaponins-nya berjasa sebagai penyelamat kelaparan yang melanda masyarakat masa itu.
Penelitian tentang gynosaponins pertama kali dilakukan pada tahun 1970 an oleh ilmuwan Jepang. Sang ilmuwan mengekstrak rasa manis dari tanaman Gynostemma pentaphyllum untuk mencari gula alternatif.
Secara kebetulan ia menemukan zat vitalitas seperti yang terdapat pada ginseng. Sejak itu, penelitian demi penelitian tentang Gynostemma pentaphyllum dan gynosaponins terus dilakukan oleh ilmuwan dari berbagai
negara. Yang terbanyak melakukan penelitian adalah ilmuwan China dan Jepang. Penelitianpenelitian
itu melahirkan penemuan besar bagi dunia kesehatan dan pengobatan.

Manfaat Gynosaponins

Banyak sekali manfaat gynosaponins bagi tubuh.
Berikut ini beberapa di antaranya:
- Anti oksidan, zat penguat, dan penambah kekebalan tubuh Gynosaponins secara langsung memberi gizi pada sel-sel tubuh, di saat bersamaan juga berperan melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Secara tidak langsung senyawa ini turut memelihara metabolisme normal sel-sel tubuh
dan menjamin kelancaran sirkulasi darah.
- Anti tumor dan anti kanker
Gynosaponins dapat melawan perubahan abnormal DNA, dan dapat membantu tubuh mengembangkan fungsi pemulihan sel sendiri. Dalam hal ini gynosaponins melawan kanker dengan mencegah terjadinya
perubahan sel normal menjadi sel kanker, kemudian mengubah sel kanker menjadi normal kembali, dan menghambat perkembangan sel kanker, dan mencegah . mencegah tumor menyebar (metastatis) ke jaringan tubuh lain. Pada waktu bersamaan gynosaponins meningkatkan imunitas tubuh sehingga tubuh lebih kuat melawan kanker.
- Berkhasiat menenangkan dan merangsang tidur. Gynosaponins bersifat menenangkan, sehingga dapat merangsang tidur, menekan rasa sakit, dan dapat mengurangi rasa tegang. Ini menunjukkan secara nyata gynosaponins membantu kerja sistem saraf, baik secara langsung maupun tidak langsung.
- Mengatasi gangguan kardiovaskular. Gynosaponins membantu meringankan penyakit-penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).
Contohnya, seperti membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi hambatan atau sumbatan pada pembuluh darah otak dan pembuluh darah koroner sehingga risiko serangan jantung dan stroke dapat diminimalisir.
- Melawan penuaan / Anti aging
Gynosaponins berkhasiat memperpanjang umur sel-sel tubuh dan memperbanyak frekuensi regenerasi sel. Selain itu gynosaponins juga melancarkan pendarahan darah di kulit kepala sehingga mencegah tumbuh uban yang menjadi ciri khas bahwa tubuh telah mulai menua.
- Menurunkan gula darah Penelitian farmakologi modern membuktikan bahwa gynosaponins berfungsi mengatur kenormalan gula darah.
- Manfaat lain Gynosaponins menyimpan ratusan manfaat bagi manusia. Selain manfaat dan khasiat di atas,
senyawa ini juga berfungsi untuk:
o Menguatkan ginjal.
o Sebagai anti borok.
o Anti lelah (mengatasi rasa lelah).
o Meningkatkan kemampuan seksual.
o Menghilangkan toksin atau racun di dalam tubuh.
o Mengobati batuk dan menghilangkan
dahak.
o Mengatasi radang dan meredakan rasa sakit.
o Meningkatkan laju pembentukan protein.
o Merangsang sel-sel hati.


Teh dan Kapsul
Kini Anda bisa mendapatkan khasiat dan manfaat gynosaponins dengan mudah. TIENS Group telah menyediakan produk-produk suplementasi yang mengandung ekstrak gynosaponins dari herbal Gynostemma pentaphyllum, yakni Renuves Capsules dan Jiang Zhi Tea.
Renuves dikemas dalam bentuk kapsul sehingga mudah dibawa berpergian. Sedangkan Jiang Zhi Tea dikemas dalam bentuk sachet dan dapat dijadikan sebagai minuman hangat yang menemani waktu santai Anda di pagi maupun sore hari.

No comments:

Post a Comment