Monday, May 12, 2014

Apakah Kanker Itu ?

statistik kanker

Perkembangan kearah modernisasi menyebabkan terjadinya pergeseran jenis penyakit. Jika dulu penyakit infeksi merupakan penyebab kematian terbanyak, kini penyakit akibat usia lanjut dalam proses degenerasi semakin menonjol. Kematian karena penyakit jantung koroner dan stroke makin meningkat.

Kini, penyakit tumor atau kanker merupakan salah satu penyakit degenerasi yang juga ditakuti. Ada dua macam tumor,  yaitu tumor jinak dan tumor ganas atau disebut dengan kanker. Tumor jinak tidak banyak mengganggu, dan pertumbuhannya lambat. Sebaliknya kanker, pertumbuhannya sangat cepat, dan tidak terkendali sehingga sangat mengganggu dan dapat menyebar ke organ-organ  lain serta bisa menyebabkan kematian.

Di Amerika, ditemukan lebih dari 600.000 kasus kanker baru setiap tahunnya, atau sebanyaknya 1.600 orang perhari, dan satu dari lima orang Amerika meninggal karena kanker.
Kanker dapat timbul disemua tubuh manusia seperti payudara, leher rahim, kandungan, hati, lambung, usus besar, pankreas, paru-paru, prostat dan lain-lain. Umumnya penderita kanker yang datang memeriksakan diri ke dokter sudah dalam stadium lanjut, sehingga pengobatannya menjadi sangat sulit, apalagi jika sudah menyebar (metastase)

Kanker adalah Mutasi Sel

Tubuh manusia sebenarnya terdiri dari berbagai organ dan jaringan yang menyusun menjadi satu kesatuan yang saling mendukung sehingga terbentuklah tubuh seperti kita sekarang ini. Organ adalah unit fungsionalterkecil dari tubuh dimana dibentuk, fungsi dan letaknya di dalam tubuh berbeda-beda satu sama lainnya. Contoh jaringan tubuh adalah jaringan lunak, jaringan ikat dan lainnya.

Organ dan jaringan tersebut merupakan kumpulan sel-sel, diamana sel-sel itu  berkelompok, tersusun secara teratur membentuk jaringan atau organ. Dengan kata lain, sel itu adalah unit terkecil dari tubuh manusia.

Kanker adalah penyakit yang ditimbulkan dari perubahan atau kelainan pada sel. Jadi untuk mengetahui bagaimana terjadinya kanker, kita harus mengetahui sel yang normal terlebih dahulu.

Sel manusia adalah multiseluler yakni berasal dari satu sel telur yang telah difertilisasi atau dibuahi oleh sel sperma. Lalu, hasil pembuahan tersebut berkembang menjadi sel yang bermacam-macam jenisnya sampai membentuk bermacam-macam sistem jaringan dan organ.

Sel-sel di dalam sistim jaringan dan organ terus berkembang membentuk jaringan dan organ dewasa. Kemudian sel-sel di dalam organ itu mengalami degenerasi dan berakhir dengan kematian. Di dalam tubuh normal, selamanya ada sel-sel baru yang timbul dan tumbuh dan ada sel-sel yang mati, diamana semuanya ini diatur oleh gen.

Gen merupakan unit fungsional terkecil makhluk hidup. Gen itu terdapat dalam kromosom atau DNA yang mengandung kode genetik spesifik. Gen berfungsi mengatur, mengkoordinasikan, mengawasi serta mengendalikan semua proses kehidupan seperti bentuk dan fungsi organ, pertumbuhan, keturunan dan sebagainya.

Gen yang mengatur pertumbuhan dan differensiasi sel disebut onkogen atau protoonkogen, sedangkan gen yang menghambat pertumbuhan disebut antionkogen atau gen supresor.   

Proses Pertumbuhan Sel Kanker

Dalam keadaan normal, sel diatur oleh protoonkogen yang menghasilkan produk-produk yang memegang
pertumbuhan sel kanker
peran penting dalam berbagai aspek proliferasi sel. Tetapi, pertumbuhan sel ini juga dikendalikan secara ketat atau dihambat oleh antionkogen (gen supresor), termasuk oleh mekanisme kematian sel, terprogram atau apoptosis dengan tujuan menyingkirkan sel-sel yang tidak dikehendaki.

Dengan adanya mekanisme kontrol pertumbuhan ini, sel-sel normal memiliki stabilitas genetik yang sangat tinggi. Tetapi, kecepatan proliferasi atau pertumbuhan sel umumnya tidak melebihi 10% dari jumlah sel, tergantung pada jenis sel dan jaringannya.

Pertumbuhan sel terjadi dengan cara mitosis atau pembelahan/pembiakan sel. Semua bagian sel mulai dari selaput sel hingga inti sel ikut berperan pada proses pembelahan sel. Namun gen di dalam DNA adalah faktor yang paling berperan  dalam menimbulkan mitosis dan profilerasi sel. Gen pengatur dan gen pengendali mengatur keseimbangan pertumbuhan dan penghambatan sel. Sehingga sel-selnya didalam tubuh akan tumbuh sesuai kendali pertumbuhan normal.

Sel kanker sebenarnya timbul dari sel normal tubuh yang mengalami transformasi atau perubahan menjadi ganas oleh karsinogen kemudian termutasi secara spontan. Karsinogen adalah segala sesuatu yang menyebabkan terjadinya kanker. Sedangkan proses pembentukan tumor ganas atau kanker disebut karsinogenesis.

Karsinogenesis merupakan proses yang berjalan dalam berbagai tahap atau proses multistep. Kersinogen menimbulkan perubahan pada DNA yang satuan terkecilnya adalah gen. Sangat sering lebih dari satu karsinogen diperlukan untuk terjadinya perubahan sel normal menjadi sel kanker.

Dari adanya kontak dengan karsinogen sampai timbulnya sel kanker memerlukan waktu induksi yang cukup lama. Terdapat masa laten yang tidak menunjukan gejala klinis sebelum menjadi progresif, terjadi invasi ke jaringan sekitarnya yang menyebar ke tempat yang jauh.

Produk Tiens untuk Pengobatan Tumor dan Kanker :
Untuk Pemesanan silahkan sms/wa 08121499998 / pin:327DB770
 
Link terkait :

No comments:

Post a Comment